PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Saraswati, I Gusti Ayu Karina (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011027-COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011027-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011027-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah buku Panduan Konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal yang menggunakan teknik role playing pada siswa menengah pertama. Buku panduan Konseling kelompok ini dapat digunakan guru BK disekola sebagai pedoman pelaksanaan konseling kelompok yang menggunakan teknik role playing. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan penerimaan Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian 4D (define,design,developmen,disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli (dosen BK FIP UNDIKSHA) dan 2 praktisi (guru BK di SMP 2 Singaraja) yang bertugas menguji keberterimaan kelayakan produk buku panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing. Hasil dari penilaian tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan rumus CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) dan t-test. Hasil Analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item kuisioner diterima dari memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan katagori sangat baik, dengan demikian buku panduan panduan konseling kelompok telah memenuhi ketentuan penerimaan. Uji efektifitas buku panduan konseling kelompok dilaksanakan kepada 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Hasil uji t-test dan didapat nilai probabilitas atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 , nilai probaboilitasnilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Hal ini berarti H0 ditolakDengan demikian, terdapat efektifitas pengembangan panduan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi komunikasi interpersonal siswa menengah pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikas Interpersonal,role playing ,konseling kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Karina Saraswati
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:50
Last Modified: 27 Feb 2023 03:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item