Dewi, Nia Satyawati (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NO. 2 SANGEH TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021011-COVER.pdf Download (326kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021011-ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, (2) mengetahui kualitas kelayakan hasil validitas produk media video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan menggunakan model ADDIE meliputi tahapan: (a) analyze, (b) design, (c) development, (d) implementation dan (e) evaluation. (2) Media video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase (93,3%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukan media video animasi baik dengan persentase (88,3%), (c) hasil review ahli media menunjukkan media video animasi sangat baik dengan persentase (94,6%), (d) hasil uji perorangan menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase (95,99%), (e) hasil uji kelompok kecil menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase (96,32%). Dapat disimpulkan bahwa media video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dinyatakan layak karena mendapatkan kualifikasi baik dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video animasi, Kitab Suci Weda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Nia Satyawati Dewi |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:43 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14889 |
Actions (login required)
View Item |