Sukrisnawan, I Ketut (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN APPSMART BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI ENERGI LISTRIK KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031056-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031056-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (580kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (580kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031056-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL, (2) menguji kelayakan aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL, (3) menguji kepraktisan aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL, dan (4) menguji efektivitas aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL terhadap pemahaman konsep IPA pada materi Energi Listrik siswa kelas V SD Negeri 4 Bebetin. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan tersusun lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek 4 orang ahli, 3 orang praktisi, dan 12 siswa kelas V SD Negeri 4 Bebetin. Objek penelitian ini yaitu aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan rumus validitas Aiken untuk mengetahui tingkat kelayakan media, serta menggunakan rumus Mean untuk mengetahui tingkat kepraktisan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner dengan teknik rating scale, dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL memperoleh indeks validitas media dan ahli materi sebesar 0,90 dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi; (2) memperoleh penilaian praktisi/guru sebesar 92,36% dengan predikat/kualifikasi sangat baik dan memperoleh penilaian siswa sebesar 90,00% dengan predikat sangat baik, (3) serta aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Energi Listrik kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan aplikasi, Appsmart, PBL, pemahaman konsep IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Sukrisnawan |
Date Deposited: | 22 May 2023 01:21 |
Last Modified: | 22 May 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14914 |
Actions (login required)
View Item |