Widiari, Luh Eka Ratna (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS RADEC PADA PELAJARAN IPAS BAB WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041030-COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041030-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041030-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan bangun dan menghasilkan E-Modul Berbasis RADEC pada Pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektivitasnya terhadap hasil belajar IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, media, bahasa, 2 orang guru kelas IV dan siswa kelas IV SD N 1 Panji. Metode pengumpulan data kuesioner dan tes, instrument penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPAS. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Validitas E-Modul Berbasis RADEC pada Pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar melalui ahli materi 95,00% sangat valid, validitas ahli media 98,76 % sangat valid, dan validitas ahli bahasa 97,14% sangat valid. (2) Kepraktisan E-Modul Berbasis RADEC pada Pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar oleh guru 97,67 % digunakan serta kepraktisan oleh siswa 96,54% dengan kategori sangat praktis dan layak dugunakan. E-Modul Berbasis RADEC pada Pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar IPAS sekolah dasar di SD N 1 Panji.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, RADEC, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Luh Eka Ratna Widiari |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15249 |
Actions (login required)
View Item |