SUARNITHI, NI WAYAN (2020) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1723011018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011018-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (631kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan Newman ditinjau dari gaya kognitif pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Kesalahan pada matematika merupakan suatu penyimpangan terhadap solusi yang sebenarnya dari suatu permasalahan. Analisis kesalahan yang dimaksud merupakan suatu proses mereview jawaban siswa guna mengidentifikasi pola-pola kesalahan yang dilakukan. Penelitian ini ditinjau dari gaya kognitif siswa, yakni gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Untuk membedakan gaya kognitif siswa digunakan Group Embededded Figure Test (GEFT). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas IX di SMP Negeri 6 Denpasar dengan subjek penelitian diambil 10 dari 42 siswa, masing-masing 7 siswa dari kelompok Field Dependent dan 3 siswa dari kelompok Field Independent. Dalam penelitian ini siswa diberikan 5 soal matematika dalam bentuk uraian pada materi bangun ruang sisi datar, kemudian dianalisis kesalahannya berdasarkan kategori kesalahan Newman dan dilanjutkan dengan mewawancarai siswa yang melakukan kesalahan pada masing-masing kategori untuk mencari penjelasan lebih lanjut atau mengkonfirmasi jawaban yang dibuat. Siswa dengan gaya kognitif field dependent melakukan kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent melakukan kesalahan memahami masalah, tranformasi dan keterampilan proses. Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan siswa yaitu kesalahan memahami disebabkan karena siswa tidak mampu mengaitkan kata kunci dari yang diketahui pada soal, dengan apa yang seharusnya dicari pada soal. Kesalahan transformasi disebabkan karena siswa tidak dapat menuliskan model matematika yang tepat sesuai dengan apa yang diketahui dan ditayakan pada soal. Kesalahan keterampilan proses disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika. Siswa juga tidak mengecek ulang jawaban yang mereka dapat, sehingga tidak mengetahui perhitungan yang salah. Kesalahan penulisan kesimpulan disebabkan karena siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dari suatu permasalahan. Siswa juga gagal mengaitkan jawaban yang didapatkan dengan apa yang seharusnya ditanyakan pada soal dan akhirnya terjadi kesalahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, analisis kesalahan kategori Newman, gaya kognitif, bangun ruang sisi datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Suarnithi |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 05:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 05:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1525 |
Actions (login required)
View Item |