Putri, Ni Komang Ayu Triana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031014-COVER.pdf Download (813kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031014-ABSTRAK.pdf Download (604kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (476kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031014-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SFAE berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V gugus I Kecamatan Kuta Utara yakni sebanyak 443 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel yaitu siswa kelas VB SD No. 1 Dalung sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan siswa kelas VA SD No. 2 Dalung sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes uraian (essay). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh ¯x = 0,71 pada kelompok eksperimen dan berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelompok kontrol ¯x = 0,56 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians diperoleh thitung = 4,69 dan pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan dk = 63, ttabel = 1,998. Hal ini menunjukkan bahwa thitung = 4,69 > ttabel = 1,998, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran SFAE berbasis Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran SFAE berbasis Tri Kaya Parisudha pada siswa kelas V Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SFAE berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kompetensi pengetahuan IPA, SFAE, tri kaya parisudha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Triana Putri |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 00:45 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 00:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15252 |
Actions (login required)
View Item |