PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023

Ardita, Made Widya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031095-COVER.pdf

Download (435kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031095-ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031095-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031095-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031095-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kritis muatan IPA pada siswa kelas V SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 190 siswa dari enam sekolah negeri yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini disetarakan dengan uji anava, kemudian setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh dua kelompok sampel yaitu SD 3 Batuan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 38 orang siswa dan SD 2 Batuan sebagai kelompok kontrol sebanyak 37 orang siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes bentuk uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa thitung sebesar 3,407 dan ttabel sebesar 1,993 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 73. Karena thitung 3,407 ≥ ttabel 1,993, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis muatan IPA siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media realia dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media realia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Realia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan IPA pada Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Realia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Widya Ardita
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:05
Last Modified: 22 Jun 2023 01:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item