Budayani, Ni Ketut Sri (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X di SMAS Dharma Kirti Sengkidu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1917011006_COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1917011006_ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011006_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011006_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1917011006_BAB 3 METODE PENELITIAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011006_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011006_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011006_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1917011006_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, mendorong perlunya solusi dalam mengendalikan masalah tersebut. Solusi yang dianjurkan terhadap masalah tersebut yakni pemakaian model pembelajaran project based learning berbantuan mind map dalam aktivitas belajar ekonomi. Tujuan dari riset ini yakni untuk diketahuinya pemakaian model project based learning berbantuan mind map dan efektivitasnya dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas X di SMAS Dharma Kirti Sengkidu. Riset ini tergolong riset eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam riset ini yakni 49 siswa dengan sampel kelas X E.A berjumlah 24 siswa selaku kelas kontrol dengan memakai model ekspositori dan kelas X E.B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen memakai model project based learning berbantuan mind map. Teknik pengambilan sampel memakai teknik sampling jenuh. Riset ini diukur dengan instrumen tes pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil riset diinterpretasikan dari uji independent sample t-test, uji gain ternormalisasi, dan analisis lembar observasi. Hasil riset ini yakni: (1) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kontrol, (2) persentase keaktifan siswa menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dengan kelas eksperimen daripada kelas kontrol, (3) persentase skor gain ternormalisasi dengan kelas eksperimen yakni lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berlandaskan hasil tersebut sehingga model project based learning berbantuan mind map efektif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning; mind map; keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Sri Budayani |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 00:56 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15318 |
Actions (login required)
View Item |