Dwipayani, Ni Kadek Nila (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWAKELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031101-COVER.pdf Download (907kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031101-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031101-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media couple card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent pre-test post-test control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati sebanyak 243 siswa terdiri dari 8 kelas dari 7 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster random sampling dengan undian untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Oleh karena itu, didapatkan kelas IV B di SD Negeri 1 Batubulan Kangin adalah kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 40 orang dan pada kelas IV A SD Negeri 1 Batubulan Kangin adalah kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS menggunakan metode tes dan instrument yang digunakan tes objektif piligan ganda sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPAS kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Hasil analisis data yaitu thitung = 9,311 > ttabel = 1,990 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 78, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan komepetensi pengetahuan IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan media couple card dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembeljaran konvensional. Nilai rata-rata posttest ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPAS kelompok eksperimen sebesar 84,35 lebih dan rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 70,7. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan media couple card berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: model problem based learning, media couple card, kompetensi pengetahuan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Nila Dwipayani |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:04 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15348 |
Actions (login required)
View Item |