Arlita, Ni Luh Tara (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS TIPE WORD SQUARE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 2 LEBIH DAN SDN 3 LEBIH TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031090-COVER.pdf Download (908kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031090-ABSTRAK.pdf Download (467kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031090-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031090-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031090-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan LKS word square terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SDN 2 Lebih dan SDN 3 Lebih tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Lebih dan SDN 3 Lebih yang berjumlah 69 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan undian. Sampel pada penelitian ini berjumlah 46 siswa yaitu 23 siswa kelas IV A SD Negeri 2 Lebih sebagai kelas kontrol dan 23 siswa SD Negeri 3 Lebih sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS dilakukan dengan menggunakan metode tes dan intrumen yang digunakan tes objektif pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Data yang diperoleh thitung = 3,061 > ttabel = 2,015 pada taraf signifikan 5% dan dk = 44, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbantuan LKS word square dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok eksperimen X ̅= 84,52 > kelompok kontrol X ̅ = 73,43. Jadi dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan LKS word square berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SDN 2 Lebih dan SDN 3 Lebih tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Discovery Learning, LKS Tipe Word Square, Kompetensi Pengetahuan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Tara Arlita |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:00 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15349 |
Actions (login required)
View Item |