PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS 11 MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023

Andriani, Kadek Ary Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS 11 MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031322-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031322-ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031322-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031322-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031322-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031322-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031322-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031322-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031322-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 130 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kemudian diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD No. 2 Sembung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 28 siswa, dan kelas V SD No.1 Sembung sebagai kelompok kontrol sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol X ̅= 83 > X ̅ = 74,555. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 3,588 > ttabel = 2,006 berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 53 (n1 + n2 – 2), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sampel, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana pada siswa kelas IV SD Gugus 11 Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: group investigation, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan Bahasa Indoesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ary Putri Andriani
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:16
Last Modified: 03 Jul 2023 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item