Suartini, Ni Komang Ayu (2023) Pengaruh model project based learning berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD gugus II kecamatan klungkung tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031107-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031107-ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031107-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031107-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri di Gugus II Kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 310 siswa dari 7 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava Satu Jalur, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Vc SD Negeri 1 Semarapura Kangin sebanyak 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Akah sebanyak 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus Polled Varians, diperoleh thitung = 12,3, pada pada taraf signifikansi 5% dengan dk =37+40−2=75 dan diperoleh ttabel = 1,99. Dapat dikatakan bahwa thitung = 12,3 ≥ ttabel = 1,99 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, media visual, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Suartini |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:23 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15460 |
Actions (login required)
View Item |