Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keragaman Budaya Bali Pada Muatan Matematika Siswa Kelas V SD Lab Undiksha Tahun Pelajaran 2022/2023

Juliantini, Ni Komang Indah (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keragaman Budaya Bali Pada Muatan Matematika Siswa Kelas V SD Lab Undiksha Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021051_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021051-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021051-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021051-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021051-BAB 4 HASIL DAN PMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911020151-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan mengetahui efektivitas Video Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika pada materi kecepatan siswa kelas V SD di SD Lab Undiksha. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli isi (materi) pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa kelas VI di SD Lab Undiksha, 6 orang siswa kelas VI di SD Lab Undiksha, dan 24 siswa kelas V di SD Lab Undiksha. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunaka menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, analisis data deskritif kuantitatif, dan teknik analisis data statistika inferensial (uji-t). Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk Video Pembelajaran, meliputi hasil: (1) rancang bangun pengembangan Video Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi; (2) hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,79% dengan kualifikasi sangat baik; b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik; (c) hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 97,41% dengan kulifikasi sangat baik; (d) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 97,22% dengan kuaifikasi sangat baik; (hasil penilaian siswa melalui kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 98,29% dengan kualifikasi sangat baik; (3) efektvitas media Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dilihat dari uji-t menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media Video Pembelajaran berbasis Etnomatematika pada muatan Matematika materi kecepatan. Maka dapat disimpulkan media Video Pembelajaran berbasis Etnomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Lab Undiksha. Kata kunci: Video Pembelajaran, Matematika, Etnomatematika, ADDIE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, Matematmatika, Etnomatematika, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: NI KOMANG INDAH JULIANTINI
Date Deposited: 12 Jul 2023 23:59
Last Modified: 12 Jul 2023 23:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item