Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Banjar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

Sariani, Luh Evi (2020) Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Banjar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011060-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011060-ABSTRAK.pdf

Download (678kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (961kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (890kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011060-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray merupakan pembelajaran kelompok yang memberikan peran aktif kepada siswa untuk saling bekerja sama dalam memperoleh informasi dan memecahkan masalah, dengan cara memberikan kesempatan kepada masing-msing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi dan informasi kepada kelompok lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Banjar pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 32 orang. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut menunjukkan kategori kurang, cukup, dan baik. Peningkatan ini terjadi karena adanya interaksi yang cukup baik selama proses pembelajaran berlangsung yaitu melalui saling bertukar ide sehingga siswa bisa belajar lebih mendalam tidak hanya dari guru tetapi dengan teman satu kelompok maupun kelompok lainnya. Peningkatan yang optimal juga terjadi pada data pemahaman konsep matematika siswa dimana rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan pada siklus I, II, dan III berturut-turut 60,00 (belum tuntas), 69,38 (belum tuntas), dan 79,95 (tuntas). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadi karena dalam pelaksanaan model ini, siswa diharuskan mau menyampaikan pemahaman konsep yang dimiliki masing-masing ke teman yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: two stay two stray, aktivitas belajar, kemampuan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Evi Sariani
Date Deposited: 27 Feb 2020 05:14
Last Modified: 27 Feb 2020 05:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item