Sintyawati, Ni Wayan Dewinta Tirta (2023) Model Blended Learning Kaanggen Nincapang Kawagedan Nyurat Artikel Mabasa Bali ring Kelas XI AKL D SMKN 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text
1912051004-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
1912051004-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
1912051004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (571kB) |
|
Text
1912051004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1912051004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text
1912051004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1912051004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
1912051004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
1912051004-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran Artikel Berbahasa Bali, memaparkan bagaimana guru lebih mudah mengajar karena dengan menggunakan model ini dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti kurang bersemangat, berhalangan hadir ke sekolah, bahkan ketika siswa tersebut disibukkan dengan kegiatan praktikum. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga D SMKN 1 Singaraja tahun 2022/2023 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini tiada lain adalah pembelajaran artikel berbahasa Bali yang menggunakan model Blended Learning. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, tes dan juga kuisioner. Adapun analisis data yang dipergunakan adalan deskriptif kualitatif serta deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwasanya pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran artikel berbahasa Bali telah dilaksanakan dengan sistematis, kreatif dan juga inovatif. Hasil kedua yang didapatkan adalah fakta bahwa melalui penggunaan model Blended Learning pada pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, terutama menulis artikel menggunakan bahasa Bali. Hasil terakhir yang didapatkan adalah keterangan bahwa siswa memberikan pendapat atau respon yang baik terhadap jalannya pembelajaran selama menggunakan model Blended Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Blended Learning ini memiliki dampak yang begitu positif bagi kelangsungan pembelajaran, karena mampu membantu siswa dalam menulis artikel berbahasa Bali secara efektif dan efisien, sebagai poin plusnya siswa juga mampu meraih nilai sesuai dengan yang diharapkan. Kata kunci : Blended Learning, menulis, artikel berbahasa Bali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, menulis, artikel berbahasa Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 12:50 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 12:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15659 |
Actions (login required)
View Item |