Lestari, Ni Putu Ayu Cindy (2023) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI TATAP MUKA TERBATAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011013-COVER.pdf Download (490kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011013-ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011013-LAMPIRAN.pdf Download (745kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Indonesia dengan strategi tatap muka terbatas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Abiansemal. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII K SMP Negeri 3 Abiansemal dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu Ibu Mulyaningsih dengan data berupa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, hasil belajar bahasa Indonesia dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas. Data dikumpulkan dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode kuesioner. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas ini merupakan salah satu cara agar pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan pada masa pandemi, dengan tetap menyesuaikan RPP dan silabus yang telah dirancang. Namun, kendala yang dialami guru pada saat pelaksanaan di dalam kelas yaitu kesiapan siswa untuk belajar. Hasil belajar siswa dengan strategi tatap muka terbatas baik atau telah memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 83. Respons siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan strategi tatap muka terbatas sangat baik dilihat dari respons kuesioner siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas pada masa pandemi efektif untuk digunakan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan tatap muka namun secara terbatas, strategi ini juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi, memotivasi siswa untuk belajar hingga mendapatkan hasil belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Cindy Ayu Lestari |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 12:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 12:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15694 |
Actions (login required)
View Item |