CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING IN ONLINE MICRO-TEACHING AT ENGLISH TEACHER EDUCATION: A PROGRAM DESCRIPTION AND AN ANALYSIS OF THE EFFECT OF IMPLEMENTATION

Budiarta, I Komang (2023) CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING IN ONLINE MICRO-TEACHING AT ENGLISH TEACHER EDUCATION: A PROGRAM DESCRIPTION AND AN ANALYSIS OF THE EFFECT OF IMPLEMENTATION. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1939021007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1939021007-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1939021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1939021007-LAMPIRAN.pdf

Download (617kB)

Abstract

Pendidikan Bahasa Inggris bagi para calon guru membutuhkan sebuah pendekatan yang komprehensif dalam mengembangkan kemampuan memahami konsep dan bahasa. Para calon guru yang mengalami penerapan CLIL atau integrasi antara isi dan bahasa akan membuat mereka menjadi guru yang mampu menguasai materi dan menyampaikannya dengan baik. Penelitian embedded mixed-methods ini ditujukan untuk mencari penerapan CLIL, pengaruhnya terhadap kemampuan menguasai materi dan bahasa, dan persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CLIL yang baik harus mempertimbangkan aspek-aspek dalam perencanaan, penerapan dan penilaian. Di samping itu, penerapan CLIL mempengaruhi kemampuan dalam menguasai materi dan bahasa karena pendekatan menggunakan aktivitas yang dapat memperkuat pemahaman terhadap materi dan kemampuan berbahasa. Mahasiswa juga memberikan persepsi yang positif terhadap penerapan CLIL dalam pembelajaran Micro-teaching. Mereka dapat memperdalam pemahaman terhadap materi dan praktek dalam penggunaan bahasa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: CLIL, penerapan, efek dan persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S3)
Depositing User: I KOMANG BUDIARTA
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:01
Last Modified: 13 Jul 2023 09:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item View Item