Fridayanti, Kadek Shinta (2023) DEVELOPING TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK FOR 9TH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021225-COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021225-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021225-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021225-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021225-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan TBLT berdasarkan buku cerita digital untuk memfasilitasi kegiatan literasi siswa kelas 9 di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan model Design and Development oleh Richey and Klein (2014) sebagai dasar metodologi. Model Design and Development memiliki empat tahapan, yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrument berupa kuisioner, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Kualitas produk TBLT berbasis buku cerita digital mendapatkan nilai produk yang sangat baik dari dua ahli, dan produk ini valid untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi kegiatan literasi siswa kelas 9. Penerapan TBLT berbasis buku cerita digital ini dilakukan dengan cara uji coba oleh kelompok kecil sebagai penilain formatif dan mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa TBLT berbasis buku cerita digital dengan materi “Narrative Text” untuk siswa kelas 9 dapat membantu siswa untuk memfasilitasi keterampilan Bahasa Inggris mereka karena berisi tugas-tugas sesuai dengan tahapan TBLT yang berfokus pada pengembangan keterampilan Bahasa Inggris siswa. Selain itu, buku cerita digital ini juga membantu guru dalam menentukan media pembelajaran yang berinovasi dan dapat memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas, Buku Cerita Digital, Literasi Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Shinta Fridayanti |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15736 |
Actions (login required)
View Item |