DEVELOPING ONLINE FORMATIVE ASSESSMENT USING QUIZIZZ FOR ASSESSING READING COMPETENCY OF THE TENTH GRADE STUDENTS IN BULELENG REGENCY

Puspitayani, Desak Made Ari (2020) DEVELOPING ONLINE FORMATIVE ASSESSMENT USING QUIZIZZ FOR ASSESSING READING COMPETENCY OF THE TENTH GRADE STUDENTS IN BULELENG REGENCY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081003-COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081003-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian formatif online dengan menggunakan Quizizz untuk keterampilan membaca pada siswa SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan prototipe dari instrumen penilaian formatif kuis online, dan (2) menguji kualitas dari instrumen penilaian formatif kuis online yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 10 guru Bahasa Inggris SMA di Buleleng. Data mengenai kebutuhan guru tentang asesmen formatif berupa kuis online didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan analisis dokumen guru. Kualitas isi dari pengembangan asesmen formatif kuis online diperoleh dari expert judge dan dianalisis menggunakan formula Gregory, sedangkan kualitas kepraktisan instrumen diperoleh dari user judge dan dianalisis dengan menggunakan kriteria kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya jenis asesmen formatif berupa kuis online yang diinginkan guru adalah instrumen penilaian formatif berupa kuis online yang terdiri atas aspek bahasa dan aspek tingkat pemahaman. Prototipe asesmen formative online didahului dengan melakukan analisis situasi target, siswa, konsep, tugas, dan analisis kondisi saat ini dalam fase define dan dilanjutkan dengan mendesain prototipe, membuat kuis dan mengunggah kuis menggunakan Quizizz pada fase design. Pengembangan asesmen formatif berupa kuis online kemudian dilanjutkan di dalam fase develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas isi pengembangan instrumen sangat tinggi dan kriteria kepraktisannya dikategorikan sangat bagus. Hasil uji coba produk menunjukkan ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah kuis online diberikan. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa online quiz yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat direkomendasikan untuk diimplementasikan pada pembelajaran dan dipergunakam secara luas karena sangat bermanfaat bagi guru-guru dalam proses belajar dan pembelajaran dan sekaligus meningkatkan kompetensi guru. Oleh karena itu aseesmen formatif ini siap untuk dipergunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa SMA kelas sepuluh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penilaian formatif; kuis online, prototype, kompetensi membaca, kompetensi guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Desak Made Ari Puspitayani
Date Deposited: 27 Feb 2020 05:06
Last Modified: 27 Feb 2020 05:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item