Candrasiwi, Made Yuni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KENAMPAKAN ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 DAJAN PEKEN TABANAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031031-COVER.pdf Download (681kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031031-ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031031-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media video pembelajaran dalam muatan IPS materi kenampakan alam berbasis kearifan lokal di kelas V SD Negeri 1 Dajan Peken, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media video pembelajaran dalam muatan IPS materi kenampakan alam berbasis kearifan lokal mengenai isi, desain dan media, (3) untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran dalam muatan IPS materi kenampakan alam berbasis kearifan lokal di kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan kuesioner dengan eknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media video pembelajaran kenampakan alam berbasis kearifan lokal ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi dengan hasil penialain dari uji ahli rancang bangun sebesar 90% (sangat baik), (2) media video pembelajaran kenampakan alam dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 93% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 95% (sangat baik), (3) berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 6,574 sedangkan ttabel dengan taraf signifikasi 5% dengan dk = (n1 – 1) + (n2 – 1) = (32 – 1) + (32 – 1) = 62 diperoleh thitung (6,574) > ttabel (1,990) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran kenampakan alam berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada muatan IPS kelas V SD Negeri 1 Dajan Peken.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Kearifan Lokal, IPS, Kenampakan Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Yuni Candrasiwi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:51 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15792 |
Actions (login required)
View Item |