SUANDEWI, NI LUH AYU (2023) THE EFFECT OF CLASSROOM MANAGEMENT ON STUDENTS LEARNING MOTIVATION IN ENGLISH CLASSES AT SMP NEGERI 4 GEROKGAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1912021135-COVER.pdf Download (603kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021135-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021135-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021135-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021135-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021135-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021135-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021135-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021135-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris merupakan masalah yang sering terjadi di kelas bahasa inggris. Ada banyak hal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya penerapan pengelolaan kelas yang kurang efektif. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 4 Gerokgak kelas 8A ditemukan motivasi belajar siswa yang rendah yang disebabkan karena pengelolaan kelas yang kurang efektif. Oleh karena itu, peneliti melakukan eksperimen penerapan aspek pengelolaan kelas untuk mengetahui pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas bahasa inggris di SMP Negeri 4 Gerokgak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one-group-one pre-experimental design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sample, dan ditetapkan sebanyak 32 siswa sebagai responden. Prosedur pengelohan data dilakukan dengan menyebar kuesioner motivasi pada pra test dan post test serta pemberian perlakuan aspek-aspek pengelolaan kelas. Pengujian pengolahan data ini dilakukan dengan uji deskriptip statistik, uji normalitas dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS. Berdasarkan pemeringkatan data pra test dan post test mengalami peningkatan motivasi siswa. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji hipotesis data yang berasal dari kuesioner pernyataan positive da negative ditemukan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Gerokgak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Kelas Bahasa Inggris, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ayu Suandewi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15797 |
Actions (login required)
View Item |