PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD

Prayoga, I Komang Adi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031133-COVER.pdf

Download (337kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031133-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031133-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031133-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031133-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031133-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031133-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031133-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031133-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media audio visual dengan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning pada topik siklus air kelas V SD untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE yag terdiri dari tahap analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kueisioner, Rating Scale dan tes. Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah produk yang berupa media pembelajaran audio visual dengan aplikasi powtoon berbasis Problem Based Learning pada topik siklus air sedangkan untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, kepraktisan dan efektivitas produk. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 11 orang siswa kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan pre test dan post test. Uji validitas isi produk menggunakan rumus Gregory. Media audio visual dengan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning pada topik siklus air kelas V SD memperoleh tingkat validitas sebesar 3,73 . hasil uji kepraktisan media audio visual dengan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning oleh guru mendapatkan hasil persentase 100% sehingga media tersebut masuk kategori sangat praktis. Kepratisan oleh siswa mendapatkan hasil kepraktisan 95% dari 11 orang siswa sehingga masuk kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas media audio visual dengan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning menunjukan hasil 0,030 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan media pembelajaran audio visual dengan aplikasi powtoon berbasis Problem Based Learning pada topik siklus air siswa kelasPV sekolah dasar terhadap hasil belajar. Jadi media pembelajaran yang digunakan efektif terhadap hasil belajar siswa. berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dengan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning pada topik siklus air kelas V SD dinyatakan layak untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio visual, problem based learning, siklus air
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Adi Prayoga
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:22
Last Modified: 12 Jul 2023 00:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15816

Actions (login required)

View Item View Item