Handayani, Ni Putu Fitri (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031117-COVER.pdf Download (700kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031117-ABSTRAK.pdf Download (568kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031117-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (509kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031117-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dalam hal pola asuh orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post-facto. Populasi penelitian yang digunakan adalah 273 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 111 siswa yang terdiri dari 42 siswa dengan pola asuh otoriter, 35 siswa dengan pola asuh demokratis, dan 34 siswa dengan pola asuh permisif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dalam hal pola asuh otoriter dengan rxy = 0,330 dengan kontribusi sebesar 10,9%, pola asuh demokratis dengan rxy = 0,429 dengan kontribusi sebesar 18,4%, dan pola asuh permisif dengan rxy = 0,335 dengan kontribusi sebesar 12,6%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rcount > rtable pada tingkat signifikansi 5% = 0,176. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dalam hal pola asuh orang tua siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng pada tahun akademik 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Pola Asuh Orang Tua |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Fitri Handayani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15818 |
Actions (login required)
View Item |