PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERATIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PENGEREMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SMK NEGERI BALI MANDARA

Dwipa, Ketut Arya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERATIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PENGEREMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915071022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915071022-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915071022-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan PLP 2 yang dilakukan di kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri Bali Mandara ditemukan kendala yang dihadapi yaitu pendidik ditempat penelitian masih menggunakan media powerpoint pada proses pembelajaran yang berdampak pada berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interarif berbasis web dengan menggunakan aplikasi google sites yang bertujuan meningkatkan minat dan motivai belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode 4D dengan dua pengujian media yaitu uji kelayakan dan uji kepraktisan media serta evaluasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan, pada pengujian ahli materi diperoleh persentase sebesar 88%, dari ahli media sebesar 91,5%, sementara itu pada pengujian kepraktisan media, hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 92,21% dan hasil uji kelompok besar mendapatkan hasil persentase sebesar 91,95%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media pembelajaan yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak dan sangat praktis untuk diaplikasikan. Selanjutnya, dari hasil pengujian motivasi belajar, diperoleh persentase sebesar 87,94% yang menunjukkan motivasi belajar siswa sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Interaktif, WEB,Pengereman, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Ketut Arya Dwipa
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:42
Last Modified: 11 Jul 2023 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item View Item