Dwipa, Ketut Arya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERATIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PENGEREMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915071022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071022-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071022-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan PLP 2 yang dilakukan di kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri Bali Mandara ditemukan kendala yang dihadapi yaitu pendidik ditempat penelitian masih menggunakan media powerpoint pada proses pembelajaran yang berdampak pada berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interarif berbasis web dengan menggunakan aplikasi google sites yang bertujuan meningkatkan minat dan motivai belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode 4D dengan dua pengujian media yaitu uji kelayakan dan uji kepraktisan media serta evaluasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan, pada pengujian ahli materi diperoleh persentase sebesar 88%, dari ahli media sebesar 91,5%, sementara itu pada pengujian kepraktisan media, hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 92,21% dan hasil uji kelompok besar mendapatkan hasil persentase sebesar 91,95%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media pembelajaan yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak dan sangat praktis untuk diaplikasikan. Selanjutnya, dari hasil pengujian motivasi belajar, diperoleh persentase sebesar 87,94% yang menunjukkan motivasi belajar siswa sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Interaktif, WEB,Pengereman, Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Ketut Arya Dwipa |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:42 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15825 |
Actions (login required)
View Item |