Ardana, I Komang Agus Budi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS V SD NEGERI 2 TUWED. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031134-COVER.pdf Download (282kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031134-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDHAULUAN)
1911031134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031134-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031134-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031134-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang teruji validitas dan evektifitasnya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluation) Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas dan kepraktisan media pembelajaran digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh satu orang dosen sebagai ahli materi, satu orang dosen sebagai ahli media, dan lembar penilaian kepraktisan media diisi oleh guru dan siswa. Adapun skor validitas dan kepraktisannya media pembelajaran memperoleh skor rata-rata untuk ahli materi sebesar 4,6 dan skor rata-rata dari ahli media sebesar 4,75. Sedangkan skor rata-rata kepraktisan dari guru atau praktisi sebesar 5 skor rata-rata dari kelompok perorangan 4,76 dan skor rata-rata dari kelompok kecil 4,86. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan kepraktisan media pembelajaran video animasi dinyatakan valid dan praktis dengan skor keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T- Test/Uji-t Sampel tidak Bekorelasi. Berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-Test/Uji-t diperoleh nilai signifikansi (sig2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa nilai Sig.<0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan hasil belajar siswa kelas V sebelum belajar dengan menggunakan media pembelajaran video animasi dan setelah belajar menggunakan media pembelajaran video animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran dan daur hidup hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Agus Budi Ardana |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:31 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15836 |
Actions (login required)
View Item |