Agus Raditya, Kadek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031179-COVER.pdf Download (330kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031179-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031179-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031179-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031179-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD, (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) mendeskripsikan pengaruh simultan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa keals V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 141 orang siswa dan terdiri dari 6 Sekolah Dasar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas yang dijadikan kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 2 Selat berjumlah 27 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas V SDN 4 Selat berjumlah 21 orang. Data kemampuan kolaborasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD, (2) terdapat pengaruh positif model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) terdapat pengaruh simultan yang positif model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media Powerpoint terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kemampuan kolaborasi, hasil belajar IPA, kooperatif tipe jigsaw berbantuan media powerpoint |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Agus Raditya |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:07 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15886 |
Actions (login required)
View Item |