Sari, Made Ratna Permata (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Augmented Reality pada Topik Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041055-COVER.pdf Download (899kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041055-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041055-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan augmented reality pada topik sistem pernapasan manusia dan hewan di kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rating scale. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Uji validitas modul dianalisis menggunakan rumus Lawshe, uji kepraktisan dianalisis menggunakan rumus mean, dan uji efektivitas dianalisis menggunakan uji t-burning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media modul yang dikembangkan valid dengan skor 0,95 dan memeroleh indeks istimewa. Berdasarkan penilaian guru modul dinyatakan praktis dengan skor rata-rata kepraktisan sebesar 66,07 dan tergolong kategori sangat prkatis. Berdasarkan hasil uji coba pada siswa, modul dinyatakan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dengan perolehan t hitung > t tabel yakni 3,278 > 1,729 dan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yakni 0,004 < 0,05 dengan kemurnian efektivitas sebesar 0,733 tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Augmented Reality, Sistem Pernapasan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Made Ratna Permata Sari |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 05:27 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 05:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15924 |
Actions (login required)
View Item |