Cahyani, Ni Komang Arista (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS III SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031112-COVER.pdf Download (380kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031112-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031112-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (DAFATAR PUSTAKA)
1911031112-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (596kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031112-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (non-equivalent control group design). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 190 siswa. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Batuan Kaler yang terdiri dari 31 siswa dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode tes, yaitu tes objektif bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan matematika yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan rekapitulasi hasil uji-t kelompok sampel maka diperoleh hasil thitung = 6,406 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 31 + 36 – 2 = 65 menunjukkan ttabel = 1,997. Oleh karena itu, diperoleh hasil thitung = 6,406 > ttabel = 1,997 maka H0 ditolak Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box pada siswa kelas V SD Gugus III Sukawati. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus III Sukawati tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching and learning, question box, kompetensi pengetahuan matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Arista Cahyani |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16037 |
Actions (login required)
View Item |