Lagas Mulyadinata, I Putu (2023) Pengaruh Model Children Learning in Science (CLIS) Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041050-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041050-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041050-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Children Learning in Science berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang terdiri dari 309 orang siswa. Sebanyak 63 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA melalui uji Pillai trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s trace, dan Roy’s largest Root pada taraf signifikasi 0,05. Penelitian menemukan: Pertama, terdapat pengaruh secara bersama-sama model Children Learning in Science berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Kedua, terdapat pengaruh model Children Learning in Science berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi belajar. Ketiga, terdapat pengaruh model Children Learning in Science berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model Children Learning in Science berbasis masalah kontekstual berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPA, baik simultan maupun tersendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model children learning in science berbasis masalah kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I PUTU LAGAS MULYADINATA |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16055 |
Actions (login required)
View Item |