DEVELOPING SUPPLEMENTARY MATERIAL FOR FAST LEARNERS IN 8th GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN BULELENG REGENCY

Hardiantini, Luh Rista (2023) DEVELOPING SUPPLEMENTARY MATERIAL FOR FAST LEARNERS IN 8th GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021067-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021067-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021067-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fast learners memerlukan variasi kegiatan pembelajaran di kelas. Mereka cepat dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan untuk fast learners pada siswa kelas VIII. Materi dikembangkan untuk memudahkan siswa dalam belajar. Selain itu, kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan bagi fast learners. Penelitian ini menggunakan model penelitian D&D yang dikemukakan oleh Richey dan Klein (2007). Model ini memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap analisis, peneliti menganalisis dokumen terkait seperti buku dan silabus. Proses dilanjutkan dengan merancang blueprint. Kemudian, pengembangan buku dimulai. Peneliti mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan pembelajar cepat. Ada enam bab yang dikembangkan dalam buku ini. Topik yang digunakan berdasarkan silabus yang telah disediakan. Terakhir, evaluasi dilakukan untuk mengetahui kualitas buku. Tiga juri ahli menilai buku tersebut, dan dua guru menilai buku tersebut. Empat pengguna mengulas buku tersebut. Hasil rata-rata yang terungkap dari penjurian ahli dan evaluasi guru adalah 169. Rata-rata didapat dari akumulasi masing-masing ahli dan guru. Ahli pertama memberikan skor 163. Skor ahli kedua adalah 143. Skor yang diberikan oleh ahli ketiga adalah 162. Sedangkan guru pertama memberikan skor 189. Guru kedua adalah 192. Oleh karena itu, buku tersebut tergolong Buku Baik dari para juri dan para guru. Para siswa juga diberikan ulasan tentang buku tersebut. Pengguna diberi kode sebagai (S). Pengguna pertama (S1) adalah 40. Pengguna kedua (S2) adalah 48. Pengguna ketiga (S3) adalah 48. Pengguna terakhir (S4) adalah 50. Nilai rata-rata dari ulasan pengguna sebanyak 46. Dengan demikian, buku tersebut dikategorikan Buku Sangat Bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: materi tambahan; pengembangan materi; fast learners; pembelajaran campuran; sekolah menengah pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Rista Hardiantini
Date Deposited: 15 Jul 2023 14:21
Last Modified: 15 Jul 2023 14:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item