Elo, Lidia Eta Ina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN DOMINO CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA DI KELAS XII BB 1 SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912061005_COVER-1.pdf Download (804kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061005_ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061005_ BAB I_PENDAHULUAN.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061005_BAB II_KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912061005_BAB III_METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061005_BAB IV_HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061005_BAB V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061005_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061005_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, (2) serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Domino card. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII BB 1 SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Domino card dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa kelas XII BB 1 SMA Negeri 4 Singaraja. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tes siswa yang mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari pre-test yaitu 14,28%, kemudian meningkat menjadi 62,85% pada post-test siklus I, kemudian menjadi 100% pada post-test siklus II. (2) berdasarkan hasil kuesioner, siswa memberikan respon yang “sangat positif” terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Domino card. Pada siklus I, respon siswa mencapai 43,94%, dan pada siklus II respon siswa mencapai 48,05%. Sehingga dari respon siswa menunjukkan kevalidan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Domino card yang mampu meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Huruf Hiragana dan Katakana, Team Games Tournament, Domino card |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Lidia Eta Ina Elo |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 12:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 12:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16182 |
Actions (login required)
View Item |