Ariani, Komang Desi (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS PADA MATERI BILANGAN DAN OPERASINYA PADA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041034-COVER.pdf Download (953kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041034-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041034-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan istilah high order thinking skill (HOTS) adalah salah satu kemampuan berpikir yang penting untuk pembelajaran matematika. Pentingnya HOTS menyebabkan guru harus mampu memetakan kemampuan HOTS siswa agar dapat memberikan pembelajaran yang tepat, khususnya untuk meningkatkan HOTS itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan sebuah instrumen penilaian HOTS agar kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat diukur dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian HOTS pada materi bilangan dan operasinya untuk siswa kelas IV SD. Desain pengembangan instrumen penilaian yang digunakan adalah desain pengembangan menurut Tessmer dengan tipe formative research. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), tahap evaluasi formatif (formative evaluation) yang melalui ulasan ahli (expert reviews), satu lawan satu (one to one), dan grup kecil (small group) serta tes lapangan (field test). Instrumen yang dikembangkan telah melalui pengujian validitas isi, konsistensi internal butir, daya beda butir, tingkat kesukaran butir, dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya dilakukan pengujian estimasi parameter butir dengan Graded Response Model (GRM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen HOTS yang dikembangkan memenuhi syarat validitas, konsistensi internal, daya beda, dan tingkat kesukaran. Koefisien alpha diperoleh sebesar 0,931 untuk Paket A dan 0,938 untuk Paket B yang menyatakan bahwa instrumen memenuhi syarat reliabilitas. Estimasi parameter GRM ada 15 butir soal yang diuji memiliki tingkat kesulitan -2,0 < b < 2,0 dengan daya beda 0,0 < a < 2,0 yang menunjukkan keseluruhan soal HOTS pada Paket A dan Paket B memiliki estimasi parameter yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, HOTS, Matematika, Graded Response Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Komang Desi Ariani |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16233 |
Actions (login required)
View Item |