Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Kelas Viii Anggrek di SMP 4 Singaraja

Br Kemit, Esterina Meriahta (2023) Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Kelas Viii Anggrek di SMP 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011004-COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011004-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual siswa di kelas VIII Anggrek SMP Negeri 4 Singaraja, (2) menjelaskan pada hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual siwa di kelas VIII Anggrek SMP Negeri 4 Singaraja, (3) kendala-kendala yang terjadi pada saat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual di kelas VIII Anggrek SMP Negeri 4 Singaraja. Adapun desain penelitian ini yakni penelitian deskriptif dan metode pengumpulan datannya yakni metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan instrumen pengumpulan data pedoman lembar observasi, kamera, dan alat perekam. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis puisi.(2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual memberikan gambaran sejauh mana kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual yaitu dilihat dari hasil kerja siswa yang diperiksa oleh guru diurut sesuai dengan kemampuan siswa dari pemerolehan nilai terbesar sampai nilai terkecil. (3) kendala-kendala dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual yakni menunjukan beberapa kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual yaitu pengelolaan waktu yang masih kurang efektif, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis puisi, fokus siswa terhadap pembelajaran menulis puisi masih kurang. Kata Kunci : Pembelajaran Menulis Puisi, Media, Audiovisual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Puisi, Media, Audiovisual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Esterina Meriahta Br Kemit
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:09
Last Modified: 20 Jul 2023 08:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16301

Actions (login required)

View Item View Item