Kresnawati, Ni Komang Ayu Sari (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PRA-MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061015-COVER.pdf Download (618kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061015-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dengan penggunaan metode quasi experimental, penelitian kuantitatif ini berfokus untuk mengetahui adanya pengaruh e-flashcard berbasis video animasi terhadap kemampuan pra-membaca anak usia dini di TK Negeri Pembina Melaya. Anak-anak usia dini dari kelas kelompok B di TK Negeri Pembina Melaya menjadi populasi penelitian. Kemudian, sampel penelitian yang dilaksanakan terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok B1 sebagai kelas kontrol, dan kelompok B3 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan temuan analisis data, dengan memperhatikan hipotesis yang telah diajukan dan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran e-flashcard berbasis video animasi berdampak pada kemampuan belajar khususnya membaca awal anak usia dini di TK Negeri Pembina Melaya. Hal tersebut juga didukung oleh nilai signifikansi pada Uji Wilcoxon kurang dari 0,05 (0,008 < 0,05). Media pembelajaran e-flashcard berbasis video animasi dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti animasi dan suara-suara yang menjadi perhatian anak-anak sehingga mereka dapat fokus pada informasi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-flashcard, video animasi, kemampuan pra-membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Sari Kresnawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:42 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16367 |
Actions (login required)
View Item |