Widiasih, Luh Putu Ayu (2023) SESELEH PEMETAAN BLOK AKSARA BALI RING SAJERONING SESURATAN WASTAN SISIA SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051009-COVER.pdf Download (609kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051009-ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aksara Bali menjadi salah satu pembelajaran yang dianggap sulit oleh para siswa, agar dapat mengatasi permasalahan tersebut, pembelajaran aksara Bali dapat dilakukan dengan menggunakan tata cara mengeja berdasarkan blok aksara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai rupa blok aksara dan struktur blok simbol dalam tulisan nama siswa SMA Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini dilaksanakan dengan memisahkan kata yang menyusun nama siswa, lalu dilakukan dua tahapan analisis pemetaan blok aksara pada kata-kata tersebut yakni 1) analisis banyaknya blok yang menyusun nama sisiwa dan 2) analisis blok simbol yang menyusun nama siswa. Dari 132 kata penyusun nama siswa, terdapat 62 kata yang disusun oleh dua blok simbol serta nama siswa dominan disusun oleh blok simbol CV (konsonan vokal), jumlahnya yakni 125 blok. Blok simbol atau informasi fonologis tersebut selanjutnya digunakan sebagai sarana untuk menganalisis perbedaan pada tulisan siswa dan tulisan yang benar. Dari analisis yang dilakukan didapatkan 23 kata dengan rangkapan blok simbol yang berbeda dengan rangkapan yang seharusnya. Perbedaan tersebut didominasi oleh aksara yang memiliki blok simbol (...c) atau konsonan di akhir kata dan di akhir suku kata. Kesimpulan yang didapatkan dari analisis yang dilakukan yakni, para siswa sangat mudah untuk menuliskan aksara yang belum mendapatkan pengangge atau aksara yang disimbolkan dengan blok simbol Ca (konsonan dengan vokal bawaan), sedangkan saat vokal bawaan tersebut hilang, para siswa akan kesulitan dalam menuliskan konsonan dengan blok simbol C (CV,CCV,CCCV,...c). Oleh karena itu, guru dapat memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai bentuk-bentuk konsonan dalam aksara Bali berdasarkan konteks penulisanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemetaan, blok aksara, blok simbol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Ayu Widiasih |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 14:00 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 14:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16426 |
Actions (login required)
View Item |