SESELEH PEMETAAN BLOK AKSARA BALI RING SAJERONING SESURATAN WASTAN SISIA SMA NEGERI 1 SUKASADA

Widiasih, Luh Putu Ayu (2023) SESELEH PEMETAAN BLOK AKSARA BALI RING SAJERONING SESURATAN WASTAN SISIA SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912051009-COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912051009-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912051009-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aksara Bali menjadi salah satu pembelajaran yang dianggap sulit oleh para siswa, agar dapat mengatasi permasalahan tersebut, pembelajaran aksara Bali dapat dilakukan dengan menggunakan tata cara mengeja berdasarkan blok aksara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai rupa blok aksara dan struktur blok simbol dalam tulisan nama siswa SMA Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini dilaksanakan dengan memisahkan kata yang menyusun nama siswa, lalu dilakukan dua tahapan analisis pemetaan blok aksara pada kata-kata tersebut yakni 1) analisis banyaknya blok yang menyusun nama sisiwa dan 2) analisis blok simbol yang menyusun nama siswa. Dari 132 kata penyusun nama siswa, terdapat 62 kata yang disusun oleh dua blok simbol serta nama siswa dominan disusun oleh blok simbol CV (konsonan vokal), jumlahnya yakni 125 blok. Blok simbol atau informasi fonologis tersebut selanjutnya digunakan sebagai sarana untuk menganalisis perbedaan pada tulisan siswa dan tulisan yang benar. Dari analisis yang dilakukan didapatkan 23 kata dengan rangkapan blok simbol yang berbeda dengan rangkapan yang seharusnya. Perbedaan tersebut didominasi oleh aksara yang memiliki blok simbol (...c) atau konsonan di akhir kata dan di akhir suku kata. Kesimpulan yang didapatkan dari analisis yang dilakukan yakni, para siswa sangat mudah untuk menuliskan aksara yang belum mendapatkan pengangge atau aksara yang disimbolkan dengan blok simbol Ca (konsonan dengan vokal bawaan), sedangkan saat vokal bawaan tersebut hilang, para siswa akan kesulitan dalam menuliskan konsonan dengan blok simbol C (CV,CCV,CCCV,...c). Oleh karena itu, guru dapat memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai bentuk-bentuk konsonan dalam aksara Bali berdasarkan konteks penulisanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemetaan, blok aksara, blok simbol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: Luh Putu Ayu Widiasih
Date Deposited: 23 Jul 2023 14:00
Last Modified: 23 Jul 2023 14:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item