Sarana Web Educandy Kaanggen Nincapang Kewagedan Paribasa Bali Ring Sisia Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara

Putra, I Made Restu Adi (2023) Sarana Web Educandy Kaanggen Nincapang Kewagedan Paribasa Bali Ring Sisia Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912051026-COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912051026-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912051026- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui cara menggunakan sarana Web Educandy dalam pelajaran paribasa Bali pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara, (2) Untuk mengetahui keterampilan paribasa Bali dari siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan sarana Web Educandy, (3) Untuk mengetahui pendapat siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara dari penggunaan sarana Web Educandy dalam pembelajaran paribasa Bali. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara dan objek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan sarana Web Educandy dalam paribahasa Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes, dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tata cara guru menggunakan sarana Web Educandy dalam pembelajaran paribahasa Bali sesuai dengan perencanaan, yang terdiri dari pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, (2) Menggunakan sarana Web Educandy dapat meningkatkan keterampilan paribahasa Bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I 75,93, siklus II 82,39. (3) Siswa berpendapat tentang penggunaan sarana Web Educandy pada siklus I skor pendapat siswa 25,55 yang berkategori baik, pada siklus II skor pendapat siswa 28,86 berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan, terdapat pengaruh yang baik ketika menggunakan sarana Web Educandy dalam meningkatkan keterampilan Paribahasa Bali pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Paribasa, Bahasa Bali, Web Educandy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: I Made Restu Adi Putra
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:01
Last Modified: 21 Jul 2023 02:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item View Item