Simamora, Tiffany Erandin Kantate Br. (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANDROID BERBASIS PIMCA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021017-COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021017-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021017-LAMPIRAN.pdf Download (728kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif Android Fisika Berbasis PIMCA yang teruji valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukasada secara khsusus pada mata pelajaran gelombang cahaya dan optik. Penelitian jenis R&D (research and development) ini menggunakan desain pengembangan AM3PU3. Adapun subjek penelitian pengembangan ini adalah validator, kepraktisan, dan keefektifan produk pengembangan, yaitu: 3 orang dosen Universitas Pendidikan Ganesha sebagai ahli isi, ahli media, ahli desain; 1 orang guru mata pelajaran fisika, 6 orang siswa kelompok kecil, 4 orang siswa perorangan, dan seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukasada. Jenis instrumen untuk mengumpulkan data adalah angket tanggapan sebagai lembar validasi dan kepraktisan produk pengembangan, selanjutnya assesment formative sebagai pembuktian akan keefektifan produk pengembangan. Teknik analisis data yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan efektifitas produk. Hasil penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif fisika berbasis PIMCA ini adalah sebagai berikut. (1) Produk pengembangan dikatakan valid oleh ahli isi sebesar 89% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 65% dengan kualifikasi cukup baik, ahli desain sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba oleh guru sebesar 86% dengan kualifikasi sangat baik, kelompok kecil siswa sebesar 80% dengan kualifikasi sangat baik, dan siswa perorangan sebesar 86% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Kepraktisan produk uji coba lapangan diperoleh sebesar 89% sangat praktis oleh guru dan sebesar 85% oleh seluruh siswa kelas XI MIPA 1. Berdasarkan persentase yang diperoleh, kualifikasi produk pengembangan adalah sangat praktis. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa sebelum menggunakan multimedia pembelajaran dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran dengan hasil perhitungan taraf signifikansi uji t yaitu 0,00 ≤ 0,05. Rata-rata pretest yaitu sebesar 67,14 dan rata-rata posttest hasil belajar sebesar 80,20. Berdasarkan hasil tersebut dibuktikan terdapat peningkatan hasil belajar sebelum belajar menggunakan produk pengembangan dan sesudah belajar menggunakan produk pengembangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif Fisika Android Berbasis PIMCA, PIMCA, hasil belajar fisika siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Tiffany Erandinkantate Br. Simamora |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 15:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 15:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16461 |
Actions (login required)
View Item |