PENGARUH MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD WIDIATMIKA

Septiasari, Ni Luh Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD WIDIATMIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041082-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041082-ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041082-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik dan kelompok siswa dengan pendekatan saintifik siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, menggunakan rancangan single factor independent group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Widiatmika. Sampel penelitian yaitu siswa Vb dan Vd. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis digunakan tes esai dan data hasil belajar IPA digunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis. Kedua terdapat perbedaan hasil belajar IPA. Ketiga terdapat perbedaan secara simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan Reciprocal Teaching berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi secara signifikan dari kelompok siswa dengan pendekatan saintifik baik secara sendiri-sendiri maupun simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Putu Septiasari
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:15
Last Modified: 02 Mar 2020 08:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item