Maharani, Vionna Veronika (2023) ANALISIS PENALARAN ILMIAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SINGARAJA BERDASARKAN LAWSON CLASSROOM TEST OF SCIENTIFIC REASONING PADA PEMBELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071017-COVER.pdf Download (354kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071017-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071017- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penalaran ilmiah siswa berdasarkan Lawson Classroom Test Of Scientific Reasoning serta faktor-faktor yang mempengaruhi penalaran ilmiah siswa SMP Negeri 5 Singaraja pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang ditentukan dengan teknik proportionate random sampling sejumlah 184 siswa dari populasi keseluruhan sejumlah 345 siswa serta 2 orang guru IPA kelas VII. Data mengenai penalaran ilmiah siswa diperoleh melalui instrumen tes penalaran ilmiah dari Lawson yaitu Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR). Data faktor-faktor yang mempengaruhi penalaran ilmiah siswa diperoleh melalui instrumen observasi, angket dan wawancara. Hasil analisis penalaran ilmiah siswa yaitu sejumlah 4,89% berada pada kategori penalaran ilmiah sangat baik, 11,41% dengan kategori baik, 5,97% dengan kategori cukup, 28,26% dengan kategori kurang, dan sebanyak 49,45% dengan kategori sangat kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi penalaran ilmiah yaitu motivasi belajar dalam diri siswa masih kurang, media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, dan metode pembelajaranguru masih bersifat teacher centered sehingga kurang memfasilitasi kegiatan yang ada di indikator penalaran ilmiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lawson Classroom Test, Pembelajaran IPA SMP, Penalaran Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Vionna Veronika Maharani |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16604 |
Actions (login required)
View Item |