Mahayuni, Ni Made Yulinda Dwi (2023) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ANXIETY IN ENGLISH SPEAKING PERFORMANCE AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021033-COVER.pdf Download (948kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021033-ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021033-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris yang dialami oleh siswa kelas X di SMAN 3 Singaraja. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris dan strategi yang digunakan siswa serta strategi yang mereka sarankan untuk guru mereka untuk mengatasi kecemasan dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara. Kuesioner dikembangkan oleh Horwitz and Cope's Foreign Language Classroom Anxiety Scale yang penulis adaptasi dari Najiha & Sailun B. yang berisi 31 item dengan Skala Likert 5 poin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor penyebab kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris yang dialami oleh siswa adalah yakin dalam berbicara bahasa asing, merasa takut karena tidak mengerti bahasa Inggris, gugup dalam berbicara bahasa Inggris, kesadaran diri untuk berbicara di depan siswa lain, merasa takut karena tidak memahami kalimat, merasa takut melakukan kesalahan, panik untuk berbicara tanpa persiapan, merasa khawatir gagal bahasa Inggris, takut dipanggil, mengira siswa lain memiliki keterampilan yang lebih baik, malu untuk menjawab secara sukarela, khawatir tertinggal, merasa takut menjadi malu, takut melebih-lebihkan dan mengancam lingkungan. Sedangkan strategi yang digunakan siswa untuk mengatasi kecemasan berbicara adalah diam, menghindari kontak mata, relaksasi dan mengatur pernapasan, persiapan, fokus pada proses pembelajaran, dan mencoba atau berlatih. Siswa juga menyarankan guru untuk menciptakan lingkungan kelas yang tenang dan mengoreksi kesalahan siswa untuk membantu siswa mengatasi kecemasan berbicara mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecemasan siswa, berbicara, faktor kecemasan berbicara, strategi, bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Yulinda Dwi Mahayuni |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16618 |
Actions (login required)
View Item |