Rukmana, Gede Weda (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DWIBAHASA (INGGRIS-INDONESIA) BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041028-COVER.pdf Download (472kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041028-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041028-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui instrumen yang berupa kuesioner. pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas III SD. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis validitas buku cerita, analisis kepraktisan pengguna buku cerita, dan analisis penilaian efektivitas buku cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, materi pembelajaran SD, dan bahasa; (2) praktis ditinjau dari respon guru terhadap beberapa pertanyaan dari kuesioner dan juga peserta didik; (3) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasis siswa dalam belajar bahasa Inggris, sehingga buku cerita ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Anak dwibahasa, Tri Hita Karana, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Gede Weda Rukmana |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16648 |
Actions (login required)
View Item |