PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DWIBAHASA (INGGRIS-INDONESIA) BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Rukmana, Gede Weda (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DWIBAHASA (INGGRIS-INDONESIA) BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041028-COVER.pdf

Download (472kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041028-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041028-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui instrumen yang berupa kuesioner. pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas III SD. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis validitas buku cerita, analisis kepraktisan pengguna buku cerita, dan analisis penilaian efektivitas buku cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, materi pembelajaran SD, dan bahasa; (2) praktis ditinjau dari respon guru terhadap beberapa pertanyaan dari kuesioner dan juga peserta didik; (3) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasis siswa dalam belajar bahasa Inggris, sehingga buku cerita ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Anak dwibahasa, Tri Hita Karana, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Gede Weda Rukmana
Date Deposited: 23 Jul 2023 04:39
Last Modified: 23 Jul 2023 04:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item View Item