Setiawan, Andi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR SMASH KEDENG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011018-COVER.pdf Download (305kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011018-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1916011018-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1916011018-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011018-LAMPIRAN.pdf Download (694kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat rancangan pengembangan media video tutorial teknik dasar smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek tahun akademik 2022/2023 dan untuk mendeskripsikan bentuk tanggapan ahli isi materi, ahli media pembelajaran, dan ahli desain terhadap bahan ajar pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara narasumber (pengajar mata kuliah pilihan teknik praktek pembelajaran permainan sepak takraw), menganalisis kebutuhan, lingkungan dan fasilitas dan pembelajaran. Lalu, uji ahli dan implementasi produk seperti ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli praktisi, uji perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Data dianalisis dengan menggunaka dua teknik yaitu teknik analisis deskripsi kualitatif dan teknik analisis deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli isi pembelajaran berada terkategorikan sangat baik (96,00%), ahli desain pembelajaran terkategorikan sangat baik (94,67%), ahli media pembelajaran terkategorikan sangat baik (100%), ahli praktisi lapangan terkategorikan sangat baik (98,67%), uji perorangan terkategorikan sangat baik (92,00%), uji coba kelompok kecil terkategorikan sangat (96,45%). Implikasi dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis video menyajikan visualisasi yang dinamis dan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memiliki pilihan untuk terus belajar sehingga pembelajaran yang didapat peserta didik dapat lebih jelas, dan memberikan kebebasan untuk lebih efektif dalam pemahaman langkah demi langkah gerakan teknik dasar smash kedeng dalam permainan sepak takraw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video tutorial, penjeaskesrek, smash kedeng. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Andi Setiawan |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16704 |
Actions (login required)
View Item |