Febrianti, Rika (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE FISIKA FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021017-COVER.pdf Download (617kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021017-ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1813021017- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1813021017- BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1813021017- BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021017- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1813021017- BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN E-MODULE FISIKA FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X Oleh: Rika Febrianti, NIM.1813021017 Program Studi Pendidikan Fisika ABSTARK Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa e-module fisika flipbook yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Materi bahasan pada e-modul pembelajaran fisika yang dikembangkan adalah hukum newton tentang gerak sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian pengembangan e-module pembelajaran fisika yaitu dosen Prodi Pendidikan Fisika Undiksha terdiri dari 2 orang ahli materi pembelajaran, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli desain pembelajaran. 2 orang guru fisika dalam uji lapangan, 29 orang siswa kelas X MIPA 1 dalam uji lapangan. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes pilihan ganda penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dari aspek materi, e-module yang dikembangkan terkategori valid dengan indek validitas 0,8, dari aspek media e-module yang dikembangkan terkategori valid dengan indek validitas 0,75, dan dari aspek desain, e-module yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan indek validitas 1,00. (2) menurut persepsi guru, e-module yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran fisika, dengan skor rata-rata kepraktisan 4,43, sedangkan menurut persepsi siswa e-module yang dikembangkan praktis dengan skor kepraktisan 3,8. (3) e-module yang dikembangkan efektif untuk membangun penguasaan konsep siswa, nilai ketuntasan klasikal sebesar 93,10% berkualifikasi sangat baik. Kata-kata kunci: e-module fisika, Flipbook,pendekatan saintifik, dan penguasaan konsep fisika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module fisika,pendekatan saintifik,penguasaan konsep fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Rika Febrianti |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16705 |
Actions (login required)
View Item |