FACE-THREATENING ACTS AND GESTURES APPLIED BY TEACHERS IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION

Diyani, Ni Luh Sutrisna (2023) FACE-THREATENING ACTS AND GESTURES APPLIED BY TEACHERS IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081069-COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081069-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081069-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diyani, Ni Luh Sutrisna (2023). Face-Threatening Acts and Gestures Applied By Teachers in Early Childhood Education. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, M.A dan Pembimbing II: Dr. Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum. Kata kunci: tindakan yang mengancam muka, gerak tubuh, tanggapan siswa, pendidikan anak usia dini. Anak-anak cenderung meniru orang dewasa seperti guru, tidak hanya dalam cara guru berbicara tetapi juga dalam cara guru berpikir, bersikap, bertindak, dan memecahkan masalah. Penggunaan tindakan mengancam muka dengan strategi yang baik dan bahasa yang tepat yang digunakan oleh guru sangat penting untuk diterapkan di dalam kelas dengan siswa yang berasal dari berbagai bangsa dan latar belakang budaya. Oleh karena itu, menjadi fenomena yang menarik untuk mengamati tindakan dan gerak tubuh yang mengancam wajah yang dilakukan oleh guru Indonesia dan non-Indonesia selama proses belajar mengajar di pendidikan anak usia dini. Kajian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan 1) Tindakan mengancam muka apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia selama proses belajar mengajar di sekolah Internasional di Bali, 2) Tindakan mengancam muka apa saja yang dilakukan oleh guru non-Indonesia selama proses belajar mengajar di sekolah Internasional di Bali, 3) Bagaimana respon siswa terhadap tindakan mengancam muka guru, 4) Gestur apa yang diterapkan guru ketika menggunakan FTA dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif deskriptif dan data dianalisis dengan menggunakan teori tindakan yang mengancam muka oleh Brown dan Levinson (1987). Penelitian ini melibatkan empat guru TK dan tujuh belas siswa di sebuah sekolah internasional di Bali sebagai subjeknya. Temuan menunjukkan bahwa guru Indonesia dan non-Indonesia dominan menerapkan wajah negatif FTA. Guru menggunakan tindakan mengancam wajah selama proses belajar mengajar untuk membantu manajemen perilaku siswa dan untuk mengingatkan siswa tentang rutinitas sehari-hari. Para siswa sebagian besar mendengarkan tindakan mengancam wajah guru Indonesia dan non-Indonesia. Selanjutnya, gestur yang digunakan guru Indonesia dan non-Indonesia cukup mirip. Namun, beberapa perbedaan ditemukan ketika guru Indonesia dan non-Indonesia menggunakan gestur menunjuk dan mengangkat tangan. Perbedaan antara guru Indonesia dan non-Indonesia dalam menunjukkan gerak tubuh mereka dapat dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan pengalaman pribadi mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tindakan yang mengancam muka, gerak tubuh, tanggapan siswa, pendidikan anak usia dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Luh Sutrisna Diyani
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:34
Last Modified: 25 Jul 2023 00:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item