Darmayoga, Anak Agung Gede Pradnya (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1716011074-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011074-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011074-LAMPIRAN.pdf Download (555kB) |
Abstract
Tenaga pendidik mengalami kesulitan dalam menemukan materi yang sesuai dengan materi PJOK, kekurangan sumber media video permainan PJOK yang sesuai dengan mata pelajaran lainnya. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran PJOK berbasis permainan untuk mendukung pembelajaran tematik pada peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video tutorial yang berisi materi tentang pengertian, tujuan, sarana. Berdasarkan analisis data dan pembahasan didapatkan hasil yaitu ahli isi materi mata pelajaran menyatakan bahwa video pembelajaran PJOK berbasis permainan untuk mendukung pembelajaran tematik pada peserta didik kelas 1 sekolah dasar tema 3 kegiatanku memiliki kualifikasi sangat baik yaitu 96%. Penilaian ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik. Penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, dan penilaian praktisi lapangan memperoleh kualifikasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan hasil evaluasi dari keempat ahli di atas bahwa video tutorial model permainan PJOK layak atau valid. Disarankan agar guru-guru PJOK dapat memanfaatkan media ini untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video permainan, PJOK, pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | A.A Gede Pradnya Darmayoga |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:01 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16836 |
Actions (login required)
View Item |