Krisnawati, Ni Made Ayu Sekar (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH PENGGERAK TK PELITA KASIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061034-COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061034-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061034-LAMPIRAN.pdf Download (674kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi P5 dalam kurikulum merdeka pada karakter cinta tanah air. Adapun tempat penelitian adalah TK Pelita Kasih, yang merupakan sekolah penggerak pertama di Singaraja yang menerapkan kurikulum merdeka. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini memfokuskan pengimplementasian P5 dan penguatan karakter cinta tanah air pada anak usia dini di TK Pelita Kasih. Kemudian, penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data-data, dari, subjek guru kelompok dengan informan Kepala Sekolah. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan P5 sebagai upaya peningkatan karakter cinta tanah air dilakukan di TK Pelita Kasih, dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap permulaan, guru melakukan pendalaman minat bakat anak untuk penyesuaian kegiatan dan tema proyek P5. Kemudian, pada tahap pengembangan, kegiatan proyek akan dikembangan dan disusun berdasarkan tema proyek yang sudah ditentukan. Pada tahap penyimpulan, guru akan melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan berdasarkan hasil capaian dari anak dan feedback dari orang tua. Selain itu, dalam pengimplementasiannya, enam dimensi Profil Pelajar Pancasila juga disisipkan ke dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari anak untuk pembiasaan pengembangan karakter pada anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka, P5, karakter cinta tanah air |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Sekar Krisnawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16864 |
Actions (login required)
View Item |