Pramesti, Kadek Nicelia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011052-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011052-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011052-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kajian ini diadakan pada usaha pengembangan media belajar interaktif dengan basis etnomatematika dalam materii bangun ruang sisi lengkung dengan tujuan mengadakan peningkatan moticasi pada pembelajaran murid dikelas IX SMP. Media pembelajaran yang dikembangkan didesain untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan mengenal kekayaan budaya Bali sehingga dapat memotivasi murid pada pemahaman konsep matematika yang terkait akan bangun ruang sisi lengkung. Mengembangkan media belajar interaktif memakai model ADDIE yang dilakukan dari tahapan analisa, design serta pengembangan dan pengimplementasian. Media ini diadakan pengembangannya melalui pengapliaksian I-Spring yang terintegrasi dengan PowerPoint. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,63 dan ahli materi mencapai angka 4,9 melalui kriteriaa yang mempunyai kelayakan. Uji coba media pembelajaran interaktif dilaksanakan kepada 32 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Sawan. Hasil skor kepraktisan dari guru dan siswa dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh skor rata-rata dari aspek Daya Tarik senilai 2,06; Kejelasan senilai 2,03; Efisiensi senilai 2,07; Ketepatan senilai 1,81; Stimulasi senilai 2,02 dengan kategori Unggul dan Kebaruan senilai 1,48 dengan kategori Baik. Untuk memperoleh efektivitas, peneliti membandingkan hasil penyebaran angket motivasi belajar sebelum siswa menggunakan media pembelajaran dan sesudah memakai media belajar serta setelah memakai media belajar, dan diperoleh kesimpulan melalui tingkat efektivitas media pembelajaran yang tinggi guna mengadakan peningkatan dorongan dalam kegiatan pembelajaran murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Etnomatematika, iSpring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Nicelia Pramesti |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16910 |
Actions (login required)
View Item |