PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP

Pramesti, Kadek Nicelia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011052-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011052-ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011052-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini diadakan pada usaha pengembangan media belajar interaktif dengan basis etnomatematika dalam materii bangun ruang sisi lengkung dengan tujuan mengadakan peningkatan moticasi pada pembelajaran murid dikelas IX SMP. Media pembelajaran yang dikembangkan didesain untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan mengenal kekayaan budaya Bali sehingga dapat memotivasi murid pada pemahaman konsep matematika yang terkait akan bangun ruang sisi lengkung. Mengembangkan media belajar interaktif memakai model ADDIE yang dilakukan dari tahapan analisa, design serta pengembangan dan pengimplementasian. Media ini diadakan pengembangannya melalui pengapliaksian I-Spring yang terintegrasi dengan PowerPoint. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,63 dan ahli materi mencapai angka 4,9 melalui kriteriaa yang mempunyai kelayakan. Uji coba media pembelajaran interaktif dilaksanakan kepada 32 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Sawan. Hasil skor kepraktisan dari guru dan siswa dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh skor rata-rata dari aspek Daya Tarik senilai 2,06; Kejelasan senilai 2,03; Efisiensi senilai 2,07; Ketepatan senilai 1,81; Stimulasi senilai 2,02 dengan kategori Unggul dan Kebaruan senilai 1,48 dengan kategori Baik. Untuk memperoleh efektivitas, peneliti membandingkan hasil penyebaran angket motivasi belajar sebelum siswa menggunakan media pembelajaran dan sesudah memakai media belajar serta setelah memakai media belajar, dan diperoleh kesimpulan melalui tingkat efektivitas media pembelajaran yang tinggi guna mengadakan peningkatan dorongan dalam kegiatan pembelajaran murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Etnomatematika, iSpring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Nicelia Pramesti
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:21
Last Modified: 25 Jul 2023 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item