PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Jayanti, Ni Wayan Tirta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011031-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011031-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Kajian ini termasuk penelitian eksperimen semu. desain kajiannya yakni factorial design treatment by level. Sampel kajian ini ialah siswa kelas VIII 1, VIII 2, VIII 3 dan VIII 5 SMP Negeri 6 Singaraja pada Tahun Ajaran 2022/2023. Kelas kontrol serta eksperimen masing-masingnya dikelompokkan ke dalam dua yakni bernalar matematis tinggi serta rendah. Data dari kajian ini dianalisis mempergunakan analisis statistik ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai F_A sebesar 4,127 dan nilai F_AB sebesar 37,741. Kemudian pada uji Scheffe diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,044<0,05 pada perbandingan kelompok A1B1 dan A2B1, serta nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 pada perbandingan kelompok A1B2 dan A2B2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada masing-masing perbandingan kelompok terdapat perbedaan yang signifikan. Pada kelompok A1B1 diperoleh rata-rata sebesar 76,19, kelompok A1B2 sebesar 74,76, kelompok A2B1 sebesar 87,05 dan pada kelompok A2B2 sebesar 53,18.. Berdasarkan hasil tersebut dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga dan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) pada kelompok siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga lebih jelek dibandingkan kegiatan belajar konvensional, (4) pada kelompok siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah, hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga lebih baik dibandingkan kegiatan belajar konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Wayan Tirta Jayanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:25
Last Modified: 25 Jul 2023 07:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item