Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Denpasar

Indirayanti, Putu Pradnya (2023) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011064-COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011064-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1913011064-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1913011064-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011064-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika berdasarkan gaya belajar yang meliputi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 471 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar Lynn O’Brien, tes kemampuan literasi matematika yang diadaptasi dari soal PISA, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar visual mampu untuk menjawab soal PISA level 1 sampai 6 yang dimana siswa sudah mampu untuk membuat konsep, menggunakan berbagai informasi yang diketahui dalam permasalahan yang kompleks dan mengkomunikasikannya. 2) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar auditori mampu untuk menyelesaikan soal tes dari level 1 sampai level 5 dimana siswa sudah mampu untuk memilih strategi pemecahan masalah yang tepat untuk menghadapi permasalahan yang kompleks. 3) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu untuk menjawab soal PISA pada level 1 sampai level 4 yang dimana siswa sudah mampu untuk menyelesaikan permasalahan dan mampu untuk mengkomunikasikan permasalahan yang berkaitan dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar siswa, literasi matematika, PISA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Pradnya Indirayanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:00
Last Modified: 25 Jul 2023 08:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item View Item