Santika, Made Ayu Wagiswari (2023) Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMP Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011018-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1913011018-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011018-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis project based learning pada kelas VII jenjang SMP yang mengangkat materi statistika, khususnya penyajian data. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan modul ajar ini ialah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam mengembangkan modul ajar ini, tentu ada beberapa tahap pengujian yang harus dilalui yakni, uji validitas baik seara isi maupun tampilan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Uji validitas yang digunakan ialah LORI (Learning Object Revew Instrument) yang memuat delapan aspek. Berdasarkan hal uji validitas, modul ini dinyatakan valid secara isi dengan persentase skor 76% dan 89% atau baik sedangkan secara tampilan mendapatkan persentase skor 90% dan 97% atau sangat baik. Setelah melalui uji validitas, modul ini melalui uji kepraktisan yang menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) sebagai pengujiannya. Hasil uji kepraktisan ini membuahkan kategori sangat baik pada aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi dengan rata-rata skor 2,00 dan kategori baik pada aspek kejelasan dan kebaruan dengan rata-rata skor berturut-turut 2,00 dan 1,50. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan ini dapat dinyatakan praktis. Tahap pengujian yang terakhir ialah uji efektivitas yang mana modul ajar diujicobakan kepada satu kelas yakni kelas VII E di SMP Negeri 3 Singaraja. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, modul ajar ini dinyatakan efektif karena dari 34 orang peserta didik diperoleh sebanyak 11 orang yang tidak memenuhi kriteria sedang dan 23 orang lainnya memenuhi kriteria sedang. Secara umum, modul ajar ini dinyatakan layak dan dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik khususnya SMP kelas VII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, kurikulum merdeka, project based learning, kemampuan kolaborasi, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Made Ayu Wagiswari Santika |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16990 |
Actions (login required)
View Item |